36-Membangun Motivasi dalam Diri


February 24, 2007 · Filed Under Tips Motivasi   by

ledakkan motivasiCita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika Anda memiliki motivasi yang kuat dalam diri Anda. Tanpa motivasi apa pun, sulit sekali Anda menggapai apa yang Anda cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Bahkan, mungkin Anda tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal, sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut. Caranya…? coba simak kiat berikut ini:

Ciptakan Sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” dan membangkitkan gairah Anda saat pagi menjelang. Misalnya, Anda berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 milyar rupiah. Walau kedengarannya mustahil, tapi sensasi ini kadang memang semangat Anda untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah Anda lakukan kemarin.

Kembangkan Terus Tujuan Anda
Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat Anda tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal, guna meraih sesuatu Anda memerlukan tantangan yang lebih besar untuk mengerahkan kekuatan Anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup Anda.

Tetapkan Saat Kematian
Anda perlu memikirkan saat kematian meskipun gejala ke arah itu tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Anda dapat membayangkan ‘flash back’ dalam kehidupan Anda. Sejak Anda menjalani masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika Anda membayangkan ‘ajal’ Anda sudah dekat, maka akan memotivasi Anda untuk berbuat lebih banyak lagi selama hidup Anda.

Tinggalkan Teman yang Tidak Perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong Anda mencapai tujuan. Sebab, siapa pun teman Anda, seharusnya mampu membawa Anda pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah, bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat Anda berpikir optimis pula. Bersama mereka, hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.

Hampiri Bayangan Ketakutan
Saat Anda dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya, selama ini Anda takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmati rasa takut Anda dengan mencoba mengatasinya. Saat Anda berhasil mengatasi rasa takut, saat itu Anda telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa Anda mampu mencapai hidup yang lebih baik.

Ucapkan “Selamat Datang” pada Setiap Masalah
Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat, Anda akan menghadapi jalan terjal, menanjak, dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika Anda memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, Anda akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya, bila Anda selalu siap menghadapi setiap masalah, maka Anda seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan Anda.

Mulailah dengan Rasa Senang
Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup Anda. Coba nikmati hidup dan jalan yang Anda tempuh. Jika sejak awal Anda sudah merasa ‘tidak suka’, maka rasanya, motivasi hidup tidak akan pernah Anda miliki.

Berlatih dengan Keras
Tidak bisa tidak, Anda harus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya, tidak ada yang tidak dapat Anda raih jika Anda terus berusaha keras. Semakin giat berlatih, semakin mudah pula mengatasi setiap
kesulitan.

Kesimpulan: motivasi adalah ‘sesuatu’ yang dapat menumbuhkan semangat Anda dalam rangka mencapai tujuan. Dengan motivasi yang kuat di dalam diri sendiri, Anda akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga Andapun tidak ragu lagi melangkah mencapai tujuan dan cita-cita hidup Anda..!

Sumber: Unknown (Tidak Diketahui)

Pencarian

,,motivasi dalam hidup (748),cara memotivasi diri (680),cerita membangun (342),membangun motivasi (328),membangun motivasi diri (212),kata kata membangun motivasi (182),memotivasi diri (162),KESIMPULAN MOTIVASI (141),motivasi membangun (128),kumpulan artikel motivasi diri (122),cerita yang membangun (109),cerita membangun motivasi (99),cerita tentang motivasi diri (99),cerita yang membangun motivasi (95),motivasi yang membangun (91)

    Ingin berlangganan artikel?
    DAFTARKAN EMAIL ANDA DISINI:

    Delivered by FeedBurner

Tanggapan Anda

Berikan tanggapan atas artikel/cerita motivasi di atas. Komentar saran dan kritik Anda merupakan bahan bakar kami untuk menjadi lebih baik. Terima Kasih

41 Tanggapan Pada Artikel/Cerita 36-Membangun Motivasi dalam Diri Diatas

  1. Tanggapan oleh Jessie on September 12th, 2008 9:23 am

    Hidup tanpa masalah ya gak hidup dong….tapi kalau kebanyakan masalah bisa mati dech…. he…he…
    Tapi setiap masalah membuat kita lebih bijak dan berani,hadapi semua masalah dengan berani. Keep smiling….

  2. Tanggapan oleh Riri on February 11th, 2009 1:42 am

    alhamdulillah…. motivasi itu sangat perlu sekali dalam diri q-t, untuk menjadi lebih baik baik & baik untuk maju ke masa depan!

  3. Tanggapan oleh tris on February 19th, 2009 7:55 am

    bagus bangat yah semoga aku di umur yg 20 ini bisa berubah menjadi lebih baik dan mampu melaukan yg terbaik dan bisa mencapai kebahagiaan di duni dan akhirat. amin ya rabbal alamin.

  4. Tanggapan oleh ella on June 6th, 2009 5:59 pm

    kadang saat bangun energi seakan berlimpah, tapi kadang juga qt bangun seakan ingin mati saja. so salah satu solusi mungkin saat hendak tidur qt perlu memotivasi diri sendiri agar paginya qt menikmati limpahan energi di alam sadar

  5. Tanggapan oleh sapiro on June 11th, 2009 4:36 am

    luar biasa

  6. Tanggapan oleh Thamsir on June 14th, 2009 1:50 am

    Perlu diketahui jg,motivasi boat diri sendiri dan yg dtng nya dr diri sendiri lebih baik dr pada petuah2 org2 yg blum tentu teruji hipotesis nya

  7. Tanggapan oleh hauna on June 15th, 2009 2:06 am

    yang penting da rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri ..

  8. Tanggapan oleh tom on June 19th, 2009 12:47 pm

    hdup memang tidak mudah,tp jgn d mudah2kan,.dlm hdp kt hrs tau mana yg TUJUAN DAN MANA YG KEPERLUAN..agar kt tau arah hdp shnga hdp kt sllu semangat..oce..

  9. Tanggapan oleh wongndesa on September 15th, 2009 12:07 am

    Gimana ya untuk bisa menikmati hidup ini . .

  10. Tanggapan oleh olavio frangky on November 11th, 2009 3:52 am

    motivasi itu seperti bahan bakar bagi semua orang,bayangkan klo bahan bakarnya habis hanya bisa hidup tp nga bisa jalan. saya setuju sekali dengan artikel diatas

  11. Tanggapan oleh Membangun Hidup « Phiuz on November 19th, 2009 3:17 am

    [...] 36-Membangun Motivasi dalam DiriCita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika Anda memiliki motivasi yang kuat dalam diri A… [...]

  12. Tanggapan oleh ika diah on November 22nd, 2009 12:21 am

    Membangun motivasi yang ambruk terasa sangat sulit…walaupun tertatih-tatih..yakin semua akan berhasil…!!!!

  13. Tanggapan oleh elia kapantouw on January 11th, 2010 5:37 pm

    M.a.n.t.a.f.

    Life is never flat

  14. Tanggapan oleh yaro26 on August 8th, 2010 3:39 pm

    setiap masalah akan hadir dalam hidup ini..tapi yang menjadi masalah sebenarnya adalah bukan masalah itu sendiri tapi sikap kita dalam menghadapi masalah tsb….oleh karena itu knp terkadang pada masalah yang sama, akan menghasilkan ending yang berbeda pada setiap orang…krn emang setiap orang mempunyai cara dan sikap yang berbeda dlm menghadapinya….dengan cerita motivasi ini mdh2an kita akan memiliki sikap yang tepat dan benar dlm menghadapi mslh….akhir kata tidak ada masalah yang diciptakan Tuhan bagi kita tampa disertai kunci jwbanya so….keep spirit

  15. Tanggapan oleh fahd on September 27th, 2010 11:47 pm

    siapa yang mau ikut multy leavel marketing??… gratis loooh… asal mau bekerja 11 hari saja secara update,.. saya akan donaturkan kalian… hubungi saya fahd : 02106689727…. tidak muluk2 ko’… asal ada niat menjadi orang yang lebih baik ajah… amiiiin’//….

  16. Tanggapan oleh siwi on October 27th, 2010 11:12 am

    masalah pling bnyak datang dlm organisasi. sring qt yg justru mempunyai cara untuk mnyelesaiknnya malah dislahkan atas hsil yg krng mmuaskan, kbalikan dg org yg jrang brpikir dan hnya mngikuti alur msalah trsbt. Wlpun trs di salahkan tp aq gk akan nyerah brusaha dan brpikir krena dbalik kata salah tsb, msih bnyak yg mrasakan manfaat dr ide qu. wlpun gk trlihat. Semoga Aqu msh trs bisa berdiri tegak wlau angin trs menerjang qu..

  17. Tanggapan oleh Huzein on December 24th, 2010 10:49 am

    Trims..
    Terkadang qt lengah, mmnk tk bs pngkri lg. trhdap msalah2 yg qt hdapi,andaikata tdk ada motvisasi di diri qt dn d luar dr qt sngtlh brharga dan brperan bsar.

  18. Tanggapan oleh welly jempol jams Voc on April 2nd, 2011 8:25 pm

    terima kasih sungguh aku terharu sekali mendengarnya.. aku bisa menghayati semuannya.. jujur semua yg ia lakukan sangat jauh sekali dengan ap yg telah aku lakukan selama ini. ku hanya bisa marah, ku hanya bisa meminta secara paksa, am orang tua ku. sedangkan iya sungguh best of the best bgt.. umur aku sekarang 22 g’ ada kfkiran kyak gthu. aku kalah am umur anak yg hanya 10 tahun gila bgt…

  19. Tanggapan oleh Rinto Medi on August 8th, 2011 5:50 pm

    mantap……..
    luarbiasa…..
    semangat……semangat….semangat….
    bagi2 motivasi bwt teman2 yg membutuhkan bro……
    ok….

  20. Tanggapan oleh tris on August 8th, 2011 10:26 pm

    Pepatah mengatakan dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan agama hidup jadi terarah,ngak ada salah nya klu ditambah kalimat yang satu ini dengan motivasi hidup jadi semangat..

  21. Tanggapan oleh hery sucitra on August 10th, 2011 7:10 am

    siiiipp…
    motivasi membuat diri ini kuat,,
    walau akan banyak yang memandang sebelah mata untuk kita mencapai tujuan, yakinlah semua akan seperti angin yang berlalu..
    i like this articel..

  22. Tanggapan oleh Agus BT on October 4th, 2011 10:54 am

    Motivasi yes….

  23. Tanggapan oleh dden on October 6th, 2011 9:29 am

    susah senang masing masing kita yang rasakan orang lain tidak pernah tau apa yang kita rasakan. jadi kebahagian itu tergantung kita bagaimana membahagiakan hati. karna apa? hati adalah raja dari jiwa dan raga kita.

  24. Tanggapan oleh chuples on November 13th, 2011 3:45 pm

    Memang motivasi itu sangat perlu qta pelajari dan di pahami, agra ktika qt bisa mengatsi masalah22 dalah hidup ini .

  25. Tanggapan oleh budax on November 13th, 2011 8:23 pm

    motivasi hidup pangkal syukur berkwalitas

  26. Tanggapan oleh Andreas didik on November 15th, 2011 2:18 pm

    Membangun motivasi diri, seperti halnya orang yang membangun rumah. Dari bahan apa ia mendasari rumahnya dan seberapa kuat ia menaruh sendi-sendi rumah. Karena orang yang punya dasar yang kuat akan nampak bedanya dengan mereka yang tidak punya dasar hidup. artinya gampang diombang ambingkan

  27. Tanggapan oleh lindawati on November 23rd, 2011 10:34 am

    jadi termotivasi ….. semua masalah akan menjadi tantangan yang harus bisa dipecahkan dan perlu ketenangan untuk menghadapinya.

  28. Tanggapan oleh motivasi « Den Bagos Rudy on November 23rd, 2011 2:53 pm

    [...] Sehingga Andapun tidak ragu lagi melangkah mencapai tujuan dan cita-cita hidup Anda..! Sumber : Unknown Like this:SukaBe the first to like this [...]

  29. Tanggapan oleh Boni Sunandar on November 29th, 2011 11:11 pm

    life is a choise

  30. Tanggapan oleh denny on December 1st, 2011 11:32 pm

    jangan pernah mengeluh dengan pekerjaanmu so orang tua kita tak pernah mengeluh dengan menguras keringat dan fikiran demi cinta dan cita-cita anak,… sadarlah akan diri kita dan semangatlah demi masa depan jangan cengen dengan segala cobaan,..ak.all

  31. Tanggapan oleh Aven Doank on December 12th, 2011 6:57 am

    hmmm . . .
    aku jugga harus semangat menjalani hidup ini :)

  32. Tanggapan oleh onis on December 14th, 2011 5:43 pm

    ngomong memang mudah

  33. Tanggapan oleh santo on December 29th, 2011 1:37 pm

    Mantap dan…izin copas…bagus bngt….

  34. Tanggapan oleh 36-Membangun Motivasi dalam Diri | barudak upi on February 1st, 2012 5:33 am

    [...] tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal, sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut. Caranya…? coba simak kiat berikut [...]

  35. Tanggapan oleh coretan tinta on March 16th, 2012 10:00 am

    keren isi artikelnya gan

  36. Tanggapan oleh Seselia Takara on April 16th, 2012 8:24 am

    Benar bgt…
    sebenarnya semua masalah ada jalan penyelesaiannya jika kita mau berusaha untuk menyelesaikan setiap masalah yg slalu ada dalah kehidupan kita…
    justru pengalaman hidup membuatku lebih dewasa dalam menyikapi segala persoalan hidup ini..

  37. Tanggapan oleh motivasi « elpitasari on April 26th, 2012 11:48 am

    [...] more: http://www.resensi.net/membangun-motivasi-dalam-diri/2007/02/#ixzz1t7QCvhnP Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Umpan RSS [...]

  38. Tanggapan oleh siti on May 6th, 2012 7:48 pm

    bener banget, kehidupan itu harus selalu di dasari dengan sebuah motivasi diri yang sangat kuat..

  39. Tanggapan oleh ichwan on May 29th, 2012 7:25 am

    Wwooww ..

  40. Tanggapan oleh MOTIVASI « greataurora on June 4th, 2012 8:17 pm

    [...] Sehingga Andapun tidak ragu lagi melangkah mencapai tujuan dan cita-cita hidup Anda..! Read more: http://www.resensi.net/membangun-motivasi-dalam-diri/2007/02/#ixzz1fTnUWI1s Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

  41. Tanggapan oleh Alasaena on July 10th, 2012 6:21 am

    Hatur Nuhun Kang…

Tinggalkan Komentar anda di 36-Membangun Motivasi dalam Diri


Wajib diisi


Harus diisi


Optional


9 + 4 =