Nilai Diri Kita


November 24, 2009 · Filed Under Cerita Motivasi, Tips Motivasi   by

injak motivasiPada suatu ketika, di sebuah taman kecil ada seorang kakek. Di dekat kaket tersebut terdapat beberapa anak yang sedang asyik bermain pasir, membentuk lingkaran. Kakek itu lalu menghampiri mereka, dan berkata:

“Siapa diantara kalian yang mau uang Rp. 50.000!!” Semua anak itu terhenti bermain dan serempak mengacungkan tangan sambil memasang muka manis penuh senyum dan harap. Kakek lalu berkata, “Kakek akan memberikan uang ini, setelah kalian semua melihat ini dulu.”

Kakek tersebut lalu meremas-remas uang itu hingga lusuh. Di remasnya terus hingga beberapa saat. Ia lalu kembali bertanya “Siapa yang masih mau dengan uang ini lusuh ini?” Anak-anak itu tetap bersemangat mengacungkan tangan.

“Tapi,, kalau kakek injak bagaimana? “. Lalu, kakek itu menjatuhkan uang itu ke pasir dan menginjaknya dengan sepatu. Di pijak dan di tekannya dengan keras uang itu hingga kotor. Beberapa saat, Ia lalu mengambil kembali uang itu. Dan kakek kembali bertanya: “Siapa yang masih mau uang ini?”

Tetap saja. Anak-anak itu mengacungkan jari mereka. Bahkan hingga mengundang perhatian setiap orang. Kini hampir semua yang ada di taman itu mengacungkan tangan. :)

***

Sahabat Resensinet, cerita diatas sangatlah sederhana. Namun kita dapat belajar sesuatu yang sangat berharga dari cerita itu. Apapun yang dilakukan oleh si Kakek, semua anak akan tetap menginginkan uang itu, Kenapa? karena tindakan kakek itu tak akan mengurangi nilai dari uang yang di hadiahkan. Uang itu tetap berharga Rp. 50.000

Sahabat resensinet, seringkali, dalam hidup ini, kita merasa lusuh, kotor, tertekan, tidak berarti, terinjak, tak kuasa atas apa yang terjadi pada sekeliling kita, atas segala keputusan yang telah kita ambil, kita merasa rapuh. Kita juga kerap mengeluh atas semua ujian yang di berikan-Nya. Kita seringkali merasa tak berguna, tak berharga di mata orang lain. Kita merasa di sepelekan, di acuhkan dan tak dipedulikan oleh keluarga, teman, bahkan oleh lingkungan kita.

Namun, percayalah, apapun yang terjadi, atau *bakal terjadi*, kita tak akan pernah kehilangan nilai kita di mata Allah. Bagi-Nya, lusuh, kotor, tertekan, ternoda, selalu ada saat untuk ampunan dan maaf.
Kita tetap tak ternilai di mata Allah.

Nilai dari diri kita, tidak timbul dari apa yang kita sandang, atau dari apa yang kita dapat. Nilai diri kita, akan dinilai dari akhlak dan perangai kita. Tingkah laku kita. seberapapun kita diinjak oleh ketidak adilan, kita akan tetap diperebutkan, kalau kita tetap konsisten menjaga sikap kita.

Sahabat, akhlak ialah bunga kehidupan kita. Merupakan seberapa bernilainya manusia. Dengan akhlak, rasa sayang dan senang akan selalu mengikuti kita, dan merupakan modal hidup.
Orang yang tidak mempunyai akhlak, meskipun ia berharta, tidak ada nilainya. Meskipun dia cantik, tapi jika sikapnya buruk dan tiada berakhlak, maka kecantikannya tiada berguna baginya. Begitu pula dengan orang yang berpangkat tinggi, tanpa akhlak, dia menjadi orang yang dibenci.

Guys, thanks for reading. Hope u r well and please do take care. Wassalamualaikum wr wb. Salam hangat!!!

Oleh Irfan dan diedit dan ditambah seperlunya oleh Resensinet

Pencarian

,,nilai diri (118),nilai diri kita (40),cerita motivasi nilai diri (20),diri kita (16),cerita tentang diri kita (14),contoh cerita tentang nilai kehidupan (12),motivasi nilai diri (8),Kumpulan cerita tentang nilai kehidupan (6),nilai (6),cerita kehilangan harta (4),arti kehilangan akal (4),cerita nilai diri (4),cerita tentang diri anda (4),kata-kata tidak mau kehilangan sahabat (4),contoh cerita nilai harga diri (3)

    Ingin berlangganan artikel?
    DAFTARKAN EMAIL ANDA DISINI:

    Delivered by FeedBurner

Tanggapan Anda

Berikan tanggapan atas artikel/cerita motivasi di atas. Komentar saran dan kritik Anda merupakan bahan bakar kami untuk menjadi lebih baik. Terima Kasih

83 Tanggapan Pada Artikel/Cerita Nilai Diri Kita Diatas

  1. Tanggapan oleh vigo on November 25th, 2009 11:20 am

    iya… kadang kita ga sadar dengan semua apa yang di berikan oleh allah.., padahal karunianya sangat besar dan tak terhitung… marilah kita selalu bersyukur dengan apa yang di berikan olehnya dan senantiasa mengingat nya…

  2. Tanggapan oleh Apriadi on November 25th, 2009 7:37 pm

    WOW… BRAVO..

  3. Tanggapan oleh Christian Ade Rama on November 26th, 2009 7:13 am

    Sebab engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur oleh karema kejadianku dahsyat dan ajaib.

  4. Tanggapan oleh mohammad imron on November 27th, 2009 8:27 am

    wah ceritanya bagus bagus bgt………

  5. Tanggapan oleh ageng on November 27th, 2009 3:56 pm

    critanya sip bwat orang-orang yang teguh
    aku suka bgt, makna dari crita itu sangat bagus,
    jarang orang yang memiliki ketabahan yang diceritakan dari cerita itu

  6. Tanggapan oleh cara memulai wirausaha on November 27th, 2009 4:15 pm

    cerita ini menggambarkan bahwa nilai dalam diri itu tidaklah tergantung pada “bungkusnya”. Mungkin sekarang lagi tidak atau belum sukses, itu tidak masalah, asalkan di “dalamnya” berjiwa sukses, suatu hari sukses itu pasti akan datang juga. Begitu juga sebaliknya, mungkin sekarang sukses, namun di dalam jiwanya dan mindsetnya tidak sukses (bisa jadi sukses instan), maka akan mengalami penurunan juga suatu hari. So, buat para pembaca yang mungkin sedang dalam keadaan susah, tdk masalah keadaaan skrg, keadaan bisa berubah, asal mau mengubahnya. Yang penting, jaga nilai di dalam diri, seperti yang dituliskan artikel ini. Salah satu jalan untuk mengembangkan nilai diri adalah dengan berwirausaha. Ketika menjadi wirausaha sukses, nilai diri makin berkembang dan berkembang.

  7. Tanggapan oleh vika mafaza on November 27th, 2009 7:08 pm

    thanks karena sdah membuatku sadar akan arti dari sebuah kehidupan yg berrati!!!!!!!!!!

  8. Tanggapan oleh fathur rahman on November 29th, 2009 11:49 am

    good,, very good,, semoga lebih banyak lagi artikel – artikel seperti ini, karna ini yg sangat di poerlukan rakyat indonesia dari keterpurukan adab dan ekonomi,, sehingga mampu membunuh sodara kita sendiri

  9. Tanggapan oleh crazytainment.com on December 1st, 2009 7:01 pm

    Banyak-banyak bersyukur..

  10. Tanggapan oleh uci on December 1st, 2009 7:25 pm

    iya, sering kita terpaku hanya pada satu jalan yang telah buntu padahal masih banyak jalan yang dapat kita jalani, tapi kita selalu menuntut keinginan dan kesenangan kita tanpa pernah melihat apa yang telah Alloh berikan pada kita dan apa yang telah kita dapatkan lebih dari yang kita minta, kalau kita bisa bersyukur atas nikmat yang Alloh berikan.

    Terima Kasih, cerita ini sungguh bisa menjadi Inspirasi buat hidup kita.

  11. Tanggapan oleh ara bae on December 4th, 2009 1:51 pm

    inspirasi yang benar benar luar biasa

    terima kasih atas motivasi ceritanya.

    ^_^

  12. Tanggapan oleh enoz trapfosi on December 5th, 2009 3:50 am

    makasih sobat

  13. Tanggapan oleh Annisa Afifah on December 5th, 2009 5:31 am

    Terima kasih .
    Sangat memotivasi !
    ^_^

  14. Tanggapan oleh Awal on December 6th, 2009 3:46 pm

    Wah kreN… Aku jd trinsPIRAsi, dn trharu.

    Awal, in mamuju

  15. Tanggapan oleh Mulae@lan on December 6th, 2009 11:08 pm

    okey..guys. Sip banget..
    manusia boleh berencana, tapi
    Tuhan yang menentukan.

  16. Tanggapan oleh hafizah on December 7th, 2009 12:53 pm

    iya sekarang aku sadar akan pentingnya nilai akhlak yang akan membuat orang menjadi orang yang mulia di mata Allah.

  17. Tanggapan oleh jazz pink on December 7th, 2009 3:21 pm

    siiiiiiiip,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  18. Tanggapan oleh nida on December 8th, 2009 3:50 pm

    subhanallaah,,, :)

  19. Tanggapan oleh Anonymous on December 9th, 2009 11:46 am

    nice laar..
    really good..
    i like it..

  20. Tanggapan oleh vino permana on December 9th, 2009 2:26 pm

    terima kasih,,kini aku akan menjalani hidup ini dengan penuh rasa syukur,,meskipun banyak kesusahan dalam hidup,,insayaa alloh,,

  21. Tanggapan oleh arya on December 10th, 2009 8:31 pm

    nilai uang secara konstan menetap, sedangkan manusia sendiri akan berubah-ubah seiring kondisi. Kondisi terbaik adalah ketika kita mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup untuk menghadapi segala situasi. Pertanyaannya adalah apakah manusia bisa sekonstan yang diharapkan? Seperti pepatah yang menyebutkan tentang bagaimana berlaku lebih baik dari hari ini untuk menyambut hari esok adalah mereka yang mempunyai nilai lebih. Ya kalau jaman SMA dulu ada PMDK, buat yang pingin meneruskan ke kuliah.

  22. Tanggapan oleh Anonymous on December 12th, 2009 9:27 pm

    artikel yang bagus sekali

  23. Tanggapan oleh yuki on December 15th, 2009 3:08 pm

    baguus bgt , inspiring…..
    boleh copy ga? :p

  24. Tanggapan oleh yo’i on December 15th, 2009 11:43 pm

    sabar itu salah satu cara agar kita bisa konsisten dengan komitmen yang sudah kita buat…

  25. Tanggapan oleh asephermana on December 24th, 2009 6:28 am

    hatur nuhun ats mitivasinya

  26. Tanggapan oleh wandZ on January 1st, 2010 1:31 pm

    Mga Aje Yang Loe Tlz Bza GUe Cerna Dngan Baik?Tq

  27. Tanggapan oleh bagus on January 3rd, 2010 2:23 pm

    penyemangat baru untuk kita semua..

  28. Tanggapan oleh fika on January 7th, 2010 9:09 pm

    mksii ceritanya ^_^
    motivasi yg bguss bget… :)

  29. Tanggapan oleh widya on January 9th, 2010 10:59 am

    bgus buat inspirasi

  30. Tanggapan oleh hariyanto .brebes on January 14th, 2010 1:11 pm

    wow ….nasehat yang ok banget.

  31. Tanggapan oleh tips motivasi | semangat on January 18th, 2010 3:00 pm

    [...] Nilai Diri Kita November 24, 2009 · Filed Under Cerita Motivasi, Tips Motivasi · 30 Comments [...]

  32. Tanggapan oleh jonikun on January 19th, 2010 1:55 pm

    sabar, ikhlas dan senantiasa bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. menjaga hari ini agar lebih baik dari kemarin dan mempersiapkan esok hari agar lebih baik dari hari ini. terimakasih udah berbagi, salam

  33. Tanggapan oleh cha… on January 20th, 2010 12:29 am

    izin yaa.. cha copy…
    baguuss niih….semua yg baca pstii… pd mo copy.. dan mo nyebariin kteman2 nyaa

  34. Tanggapan oleh abul on January 27th, 2010 5:26 pm

    terimakasih atas ceritanya
    betul-betul memberikan jawaban untuk hidup ini.
    makasih

    (memang jelek2 begini tmpilanku tapi kalau mauki beli telingaku sebelah tidak akan terjual walau berapapun engkau akan membelinya)

  35. Tanggapan oleh “the blind” on January 31st, 2010 3:38 pm

    wah ,,
    ternyata dengan membaca artikel ini saya sadar walaupun kurang bisa membuat bangga orang tua, tidak terlalu diperhatikan orang ,
    saya masih berharga dimata-NYA ,,
    lega saya membaca artikel ini
    tahnks sobh..

  36. Tanggapan oleh Dimensi on February 7th, 2010 2:57 am

    Nice artikel

  37. Tanggapan oleh amanda on February 15th, 2010 2:17 pm

    ijin copas iiaa mazZ ..

  38. Tanggapan oleh Tiaaa on February 20th, 2010 2:03 pm

    Kereen :))

  39. Tanggapan oleh Brother bun’z on March 25th, 2010 4:23 am

    motivasi yg bgs bgt,thx.kmrn adlh lampau,hari ini adl hadiah,lalu ap yg kita lakukan atas hadiah
    agar berarti dan bermanfaat utk org di sktr qta.

  40. Tanggapan oleh Anonymous on May 14th, 2010 8:00 pm

    ijin share ya… ^_^

  41. Tanggapan oleh Anonymous on May 16th, 2010 8:39 am

    dapet bangett .. . . .

  42. Tanggapan oleh tuhfa on May 16th, 2010 4:20 pm

    trimakasih atas tulisan ini,

  43. Tanggapan oleh Patwal Patrol on May 23rd, 2010 11:09 am

    nice post..izin repost ya om…hehehe..

  44. Tanggapan oleh anna on May 25th, 2010 3:09 pm

    Allah maha pengampun….dan sebaiknya qt tetap berserah kepadaNya apapun yg terjadi ^_^
    Dia tetap mengenal hambaNya yg kadang melupakannya

  45. Tanggapan oleh ikhsan on June 19th, 2010 10:21 pm

    sangat bagus kisahnya…minta izin untuk mengambil ya…

  46. Tanggapan oleh diah aprilianty on June 22nd, 2010 5:16 pm

    yup itulah manusia terkadang bijak terkadang tidak

  47. Tanggapan oleh erbeta on July 2nd, 2010 11:14 am

    wow.. bagus bgt inspirasinya.. tq y.. btw mohon izin tuk share k tmn2 qu y… tq..

  48. Tanggapan oleh salma on July 9th, 2010 9:28 pm

    Ya…seringkali saya rasa diri tidak berguna, namun sesungguhnya Allah s.w.t tidak pernah mengecualikan hamba-Nya…

  49. Tanggapan oleh Sunah on July 11th, 2010 3:37 pm

    Kadang hdup tdk kita syukuri,untk it jdlah org yg punya nilai dmata allah dan sesama

  50. Tanggapan oleh dian on July 29th, 2010 3:40 pm

    ” seng wes yow wes seng durung diati – ati ”
    heheh

    syukurilah apa yangn telah Allah berikan kepada kita,jangan pernah kau berbangga diri.karena sifat yangn demikian itu akan menghapus semua pahala.
    semoga Allah memberikan kita semua umur panjang sehingga kita dapat melakukan yang terbaik untuk bekal di akhirat nanti.dan semoga kita semua dikumpulkan kedalam Surga – NYA.Amiin…aminn ya Robbal ‘alamin

  51. Tanggapan oleh dian on July 29th, 2010 3:50 pm

    tidak ada seorang yang tau apa yang terjadi esok hari.hanya Allahlah yang Maha mengetahui apa – apa yang tidak diketahui..
    hanya dimata Allah semuanya sama tidak peduli,kaya,miskin,cantik,keren,tua,muda.tapi yang dilihat adalah HAti dan keimanan seseorang.
    semakin tebal iman seseorang maka semakin banyak cobaan yang harus dilalui..
    semoga kita termasuk orang yang mendapatkan kemudahan dan anugrah dariNya.amiiiinnnnn..

  52. Tanggapan oleh albajar on August 6th, 2010 8:00 pm

    benda mati yang sekecil apapun mepunyai nilai apalagi manusia ……

  53. Tanggapan oleh ayu on August 12th, 2010 8:56 pm

    yaaa,kita harus terus bersyukur,,,,,,

  54. Tanggapan oleh mawahib on August 13th, 2010 10:50 am

    terimaksih … selamat berjuang.

  55. Tanggapan oleh Annisa’ on September 2nd, 2010 9:45 am

    that’s great!!!
    Aku jadi termotivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.
    ????? ?????? ????????

  56. Tanggapan oleh ruth on September 12th, 2010 12:15 pm

    keren banget….

  57. Tanggapan oleh aan on September 17th, 2010 12:57 pm

    bagus artikelnya, bisa menambah inspirasi.
    jgn lupa jalan2 juga di:

    http://www.limapuluhribu.com/?id=bravo

    bisa mengubah hidup juga bila kita serius menjalankannya. Amin.

  58. Tanggapan oleh ADEX on September 30th, 2010 3:29 pm

    terima kasih sekali akhirnya saya mendapatkan website yg isinya tentang motivasi2, pandangan, tuntunan hidup.
    web ini sangat saya butuhkan sekali dalam menjalani & mengarungi hidup ini.
    kadang saya bertanya sampai kapan Tuhan YME akan menjawab / mengabulkan doa kita / hambanya?
    Telah banyak yg kita lakukan, usahakan, kerjakan dan akhiri dgn doa.
    any comment?

  59. Tanggapan oleh Ogttavia on October 1st, 2010 11:00 am

    izin copy paste di blog ya :)
    makasi

  60. Tanggapan oleh Musa on October 14th, 2010 7:23 am

    terima kasih, sebuah Artikel yg bisa mengangkat kepala dari tertegun tertunduk rapuh…

  61. Tanggapan oleh Ronaldo Rozalino on October 20th, 2010 2:12 pm

    Subhanallah …Cerita yang membengkitkan diri dari keterpurukan…Semga berkah yaaa..yang membuat cerita ini

  62. Tanggapan oleh Sri Yulianti on November 4th, 2010 11:12 pm

    mhn izin share ya,,thanks..

  63. Tanggapan oleh verina on November 5th, 2010 11:36 am

    sering bnged kita meng’under estimate’kan diri sendiri karena slalu membandingkannya dengan orang lain
    padahal Allah udah menciptakan manusia lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya
    thanks udah ngingetin kalo hidup itu memang gak hanya angin lalu aja

  64. Tanggapan oleh umie on November 9th, 2010 4:21 pm

    setelah baca artikel ini ga ada alasan lagi buat kita rendah hati,, merasa kurang dari orang lain,,
    setiap orang pasti mampu, asalkan ia mau berusaha..!! semangat ;-)

  65. Tanggapan oleh andika on November 13th, 2010 1:44 am

    hati, pikiran, dan perasaan memang berbeda dengan semua yang ada di dunuia.
    terimakasih, artikelnya sangat berarti besar dalam hidup saya…

  66. Tanggapan oleh andi sawe on November 27th, 2010 4:26 pm

    saya sangat terkesan dengan cerita-cerita di atas tadi, terima kasih….

  67. Tanggapan oleh sandra on November 28th, 2010 9:51 am

    wua,bnr bgt n bru kepikiran,stela membca artkel tu,jd tmbh syang ma drisndiri..
    thanks artkl bgus.ny ;-)

  68. Tanggapan oleh inel on December 10th, 2010 9:08 pm

    makasih banyak, critanya memotivasi sekali. jd sadar klo hidup ini terlalu indah tuk disesali…….. :)

  69. Tanggapan oleh mulyati on December 20th, 2010 7:58 pm

    izin share ya…

  70. Tanggapan oleh dani fernandi on January 5th, 2011 8:16 am

    kadang qt kan lebih mengerti dan memahami suatu hal ketika melihat, membaca bahkan mendengarnya contoh realnya….thank om….

  71. Tanggapan oleh farid on January 13th, 2011 12:27 pm

    ya begitulah hidup dan mungkin aku mengalaminya sekarang

  72. Tanggapan oleh dona axoloth on January 27th, 2011 3:07 pm

    berarti kita ini tidak ada apa@nya yaaa….
    hanya akhlak aja yang berharga .
    percuma jika kita kita sempurna dengan harta atau fisik kita,,, tp kalau akhlaknya buruk maaah,,… ga ada nilainya..
    tuh bagaikan uang 50rbu aja, wlaupun kotor dan usah di injak2,mereka masih tetap menginginkan,krna masih memiliki harga .harga yang sama..

  73. Tanggapan oleh togap on January 28th, 2011 2:24 pm

    wah, ceritanya sederhana. tapi maknanya dalem banget… :)

  74. Tanggapan oleh Wildan on February 10th, 2011 4:08 pm

    Sumpah keren banget postingannya!!!

  75. Tanggapan oleh Pathya on February 10th, 2011 9:09 pm

    cihuuuyyyyy….jadi semangat lagiiiii!!!

  76. Tanggapan oleh stevy on February 21st, 2011 3:42 pm

    i like it……thanks you……….

  77. Tanggapan oleh djuhana Sutaamijaya on February 26th, 2011 3:10 pm

    “inna akromakun inda’llohi atqokum”
    sesungguhnya yang dimulaikan oleh alloh hanya orang yang bertaqwa
    jadi … nilai taqwa adalah segala galanya.
    apapun yang menimpa orang yang bertaqwa, apakah itu hinaan,cercaan,bantaian,kesengsaraan dll.tidak akan mengurangi nilainya.
    berbahagialah orang bertaqwq.

  78. Tanggapan oleh Anonymous on March 22nd, 2011 2:42 pm

    Ok’s banget ceritanya.

  79. Tanggapan oleh Aher Tea on May 16th, 2011 6:27 pm

    Thank’s “Resensinet” mdah2an Bsa Sya Realisasikan Dlam Kehidupan Saya Yang Skarang Lagi Ngedrop ini….Jazakkalah Khoeraan Katsiraa…Salam Sukses Slalu…!!!

  80. Tanggapan oleh yeyen on October 19th, 2011 2:36 pm

    Tks atas artikelnya. SEMANGAT :)

  81. Tanggapan oleh Kumpulan Cerita Motivasi | Artikel Motivasi – Sebuah Game / Permainan yang memberikan “Makna Kehidupan” on April 12th, 2012 12:37 pm

    [...] akan tetapi ada 1 kegiatan yang paling menarik menurut saya, sebuah Game yang benyak mengajarkan nilai-nilai moral dalam kehidupan, jujur saya sangat terkesan dengan Game itu, namanya adalah Racing Balon (Balapan [...]

  82. Tanggapan oleh DeddyJ on August 5th, 2012 7:22 am

    Thanks, ya artikelnya bagus sekali

  83. Tanggapan oleh Nurwahidah sansan on April 14th, 2013 4:37 pm

    memotivasi

Tinggalkan Komentar anda di Nilai Diri Kita


Wajib diisi


Harus diisi


Optional


6 + 4 =